Rabu, 11 Januari 2012

8 Perusahaan Jaringan Komputer Dunia

1. 3Com


3Com adalah perusahaan manufaktur yang lebih dikenal dengan produk infrastuktur jaringan komputernya. Perusahaan ini dibentuk pada tahun 1979 oleh Robert Metcalfe dan berkantor pusat di Marlborough, Massachusetts. Nama 3Com berasal dari fokus perusahaan ini di bidang komputer, komunikasi, dan kompatibilitas (Computers, Communication and Compatibility). Pada tanggal 12 April 2010, Hewlett-Packard resmi mengakuisisi 3Com dengan harga 2.7 miliar US dollar.

Robert Metcalfe membangun sistem Ethernet pada Xerox PARC, dan kemudian membentuk 3Com pada 1979. 3Com mulai membuat kartu Ethernet yang kemudian digunakan pada sistem komputer di awal 1980-an, diantaranya LSI-11, IBM PC, dan VAX-11. Pada pertengahan 80-an, 3Com menamakan teknologi Ethernet mereka dengan nama EtherSeries, dimana teknologi ini dipakai dalam berbagai software dan peralatan berbasis PC yang berfungsi untuk membuat aplikasi sharing melalui LAN dengan memakai protokol XNS. Protokol ini kemudian diklasifikasikan dengan nama Ethershare (untuk file sharing), EtherPrint (untuk print sharing), EtherMail (untuk email), and Ether-3270 (untuk emulasi komputer IBM).

2. Avaya

Avaya Inc. merupakan perusahaan telekomunikasi global dalam bidang teleponi perusahaan besar (enterprise telephony) dan teknologi pusat panggilan (call center) yang bermarkas di Basking Ridge, New Jersey, Amerika Serikat. Perusahaan yang sebelumnya adalah bagian komunikasi bisnisnya Lucent Technologies dan berpisah dari induknya pada 1 Oktober 2000 ini mengerjakan 20000 orang pada 2006. Kini perusahaan ini sudah memperluas pemasarannya ke Eropa dan Asia-Pasifik.

Pemasarannya Avaya Asia Pacific mencakup Australia dan Selandia Baru, Filipina, Daerah Administratif Khusus Hongkong, India, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Tiongkok. Kini sudah cukup banyak perusahaan-perusahaan besar di Indonesia memakai produk-produk Avaya maupun Lucent Technologies untuk keperluan telekomunikasi bisnisnya.

3. Broadcom


Broadcom Corporation adalah sebuah produsen sirkuit terpadu (IC) untuk komunikasi jalur lebar. Didirikan pada 1991 oleh Henry Samueli (chairman dan CTO) dan Henry Nicholas, dan menjadi perusahaan publik pada 1998 dan pada 2007 mempekerjakan lebih dari 5.000 orang di seluruh dunia.

Broadcom termasuk dalam Pemimpin Penjualan Semikonduktor Top 20 Dunia.

4. Cisco System

Cisco System.Inc merupakan perusahaan global dalam bidang jaringan dan telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini mempekerjakan 51.480 pekerja.Produk dari perusahaan ini dapat ditemukan dari ruang tamu sampai ke perusahaan yang bergerak untuk skala internasional.Visi dari Cisco System.Inc (Cisco) yaitu “Merubah bagaimana cara hidup,bekerja,bermain dan belajar”,dan bagian dari Slogan dari Cisco adalah “ Selamat datang kedalam dunia Jaringan “ (welcome to the human network).Cisco adalah salah satu produk untuk Teknologi Informasi nomor satu didunia,terutama untuk sytem,perangkat keras jaringan serta telekomunikasinya.

Cisco System (Cisco) menjual jaringan dan komunikasi teknologi,peralatan dan pelayanan untuk data transportasi,suara dan video untuk keseluruh dunia.Produk perusahaan dan pelayanan terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah router,swicth,network access,IP telephony,keamanan,Jaringan fiber optik,jaringan data center,jaringan via sinyal,jaringan untuk rumah,dukungan layanan teknis dan pelayanan jaringan.

Produk Cisco di tujukan kepada korporate bisnis,institusi umum,perusahaan telekomunikasi,dan segala jenis ukuran bisnis juga sampai ke rumah rumah.Perusahaan Cisco juga menyediakan produk yang digunakan untuk mengantar data,suara,video untuk antar gedung,antar kampus,dan seluruh dunia.Model pengelolaan bisnis Cisco lebih ke globalisasi dan termanagement melalui 5 bagian negara yaitu ; Canada,Eropa,Asia pasifik,dan jepang serta market yang ada.

Untuk Sekedar informasi,Bisnis perusahaan ini bergerak di dua bagian segment yaitu produk dan pelayanan.Dan untuk kedepan,produk akan dibagi lagi menjadi 4 bagian yaitu ; router,switches,Teknologi terbaru dan yang lainnya.

Keuntungan teknologi Cisco untuk kedepannya menawarkan produk dan pelayanan melalui jaringan komputer serta komunikasi.Kategori dari produk dan pelayanan yang ditawarkan termasuk aplikasi pelayanan jaringan,jaringan rumah,perusahaan kecil,jaringan optik,keamanan,jaringan data center,komunikasi,sistem video dan teknologi wireless.

5. Foundry Networks

Foundry Networks, Inc. adalah produsen perangkat jaringan komputer yang menyediakan switch dan router yang didirikan pada tahun 1996 oleh Bobby R. Johnson, Jr. dan berkantor pusat di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Pada tahun pertamanya, perusahaan ini bernama Perennium Networks dan StarRidge Networks, tapi sejak Januari 1997 berganti nama menjadi Foundry Networks.

Foundry Networks mendesain, memproduksi dan menjual switch dan router kelas atas yang biasa digunakan perusahaan besar dan operator penyelenggara jasa telekomunikasi, ditambah solusi nirkabel, keamanan jaringan dan pengelolaan trafik. Foundry lebih terkenal karena switch layer 2 dan 3. Perusahaan ini adalah yang pertama memproduksi dan menjual switch Ethernet gigabit pada tahun 1997; memproduksi switch layer 3 pada tahun 1998 dan menggunakan port Ethernet 10 gigabit pada perangkat-perangkatnya sejak tahun 2001.

Produk Foundry Networks yang terkenal saat ini yaitu: BigIron, EdgeIron, FastIron, IronPoint, IronView, NetIron, SecureIron, and ServerIron.

Menurut laporan dari Dell’Oro yang dipublikasikan pada Q106, Foundry Networks berada pada ranking ke-4 untuk nilai pasar terbesar dengan nilai lebih dari $3,659 juta, dan switch aplikasi mereka yang bernama ServerIron berada pada ranking pertama untuk jumlah port yang terjual.

Pada tanggal 21 Juli 2008, Foundry menandatangani kesepakatan penjualan perusahaan pada perusahaan Brocade Communications Systems dengan nilai kurang lebih sebesar $3 Milyar dalam bentuk dana tunai dan saham.

6. Juniper Networks

Juniper Networks, Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California. Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP (Internet Protocol). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks, Ericsson, dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.
Produk Juniper terdiri atas keluarga router T-series, M-series, E-series, MX-series, dan J-series, Switch ethernet EX-series, perangkat optimasi WAN WX-series, dan perangkat Session & Resource Control (SRC).

Juniper didirikan oleh Pradeep Sindhu, Dennis Ferguson, and Bjorn Liencres pada bulan februari 1996 di California. Scott Kriens (sebelumnya dari Stratacom) menjadi CEO pada bulan oktober 1996 dan dianggap sebagai orang dibalik kesuksesan komersil Juniper. Juniper menjadi satu perusahaan pada bulan maret 1998 di Delaware dan go-public pada tanggal 25 Juni 1999.

7. Nortel Networks

Nortel Networks adalah sebuah perusahaan telekomunikasi multi-nasional yang berkantor pusat di Toronto, Kanada.

8. ZTE Corporation

ZTE (Zhong Xing Telecommunication Equipment Company Limited) adalah perusahaan pemasok global bagi perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan telekomunikasi (GSM, CDMA, CDMA2000, W-CDMA, TD-SCDMA, FDD-LTE, TDD-LTE,IMS, NGN, PSTN, SDH, ADSL, IPTV, Value Added Services) yang bermarkas di Shenzen, Republik Rakyat Cina. ZTE didirikan pada tahun 1985 dengan hubungan dengan Tentara Pembebasan Rakyat. Sahamnya diperdagangkan secara umum di Bursa Efek Hongkong dan Shenzen. ZTE adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di China.

Kantor-kantor besar ZTE berlokasi di Nanshan Hi-Tech Industrial Park, Shenzhen, provinsi Guangdong, dengan pusat litbang domestik di Lian Tang/Shenzen, Shanghai (GSM), Xi'an, Chongqing, Chengdu dan Beijing (fasilitas litbang di seluruh dunia total berjumlah 14). Universitas ZTE berlokasi di Damaisa, kurang lebih 1,5 jam perjalanan ke arah timur kantor pusat ZTE, yang menyediakan fasilitas pelatihan baik bagi pekerja ZTE maupun pelanggannya dari seluruh dunia. Pada Q4 2006 diperkirakan terdapat 30.000 tenaga kerja (warga negara China dan luar negri), kurang lebih 20.000 darinya berlokasi di China. ZTE mulai hadir di Amerika Serikat sejak 1998, dengan kantor pusat di Dallas, Texas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger